Penyebab Dan Solusi HP Android Xiaomi Restart Sendiri (Semua Merek)

Penyebab Dan Solusi HP Android Xiaomi Restart Sendiri (Semua Merek) - Baru-Baru ini jagat raya sedang di gemparkan dengan adanya gadget yang satu ini, bagaimana tidak gadget ini selain dari harga yang ramah dikantong ,desain yang sangat elegan dan ternyata performanya pun sangat sadis, berbeda dengan Android dari merek lainnya yang hanya mengusung beberapa komponen saja alias tanggung.
Penyebab Dan Solusi HP Android Xiaomi Restart Sendiri (Semua Merek)
Sumber : wikipedia
Berbeda dengan merek lain HP Xiaomi ini dibuat memang ditujukan untuk para pengguna yang kelas menengah kebawah dan tentunya harganyapun sangat ramah dikantong tapi jangan salah meskipun harganya murah tapi spesifikasi yang ada didalamnya sangatlah sadis dan tidak usah diragukan lagi dengan harga berkisaran dibawah 2jt kalian sudah bisa membawa hp Xiaomi yang berkapasitas RAM 2/3 GB dan Internal 32/64 GB, sangat murah bukan?

Sedikit sejarah dari Xiaomi
Xiaomi Inc adalah perusahaan elektronik swasta yang berasal dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok.

Ditahun 2014, Xiaomi mengumumkan akan memperluas pemasarannya ke luar Tiongkok. Xiaomi memulai debut internasionalnya ke Singapura. Markas internasional juga akan dibangun di ibukota negara, yang akan mengkoordinasikan semua kegiatan termasuk peluncuran produk di wilayah tersebut pada masa yang akan datang.

Redmi dan Mi 3 adalah telepon cerdas yang pertama kali dijual di Singapura masing-masing pada tanggal 21 Februari dan 7 Maret. Pada 7 Maret, Mi 3 habis terjual dalam waktu 2 menit di Singapura.
Setelah Singapura, Xiaomi juga masuk ke Malaysia, Filipina, dan juga India.
Kemudian, pada bulan-bulan berikutnya Xiaomi juga masuk ke Indonesia, dan akan melakukan ekspansi keThailand, Rusia, Turki, Brasil, dan Meksiko.

Di Indonesia Xiaomi sudah meluncurkan banyak type HP xiaomi dimulai dari Redmi 4, Redmi Note 4, Redmi 4x, Redmi 4a, Redmi 2 dan Masih banyak lagi.

Ada pepatah yang mengatakan dibalik kelebihan pasti ada kekurangan begitu juga dengan Android dari Xiaomi ini Dari ketangguhan HP Xiaomi terdapat kesalahan atau bug yaitu seringnya menyebabkan restart sendiri dan kadang juga sampai menyebabkan bootlop, mentok dilogo bahkan sampai mati total.

Kebanyakan maslah ini dikeluhkan oleh pengguna hp xiaomi yang ber type Redmi 4, Redmi 4x, Redmi 4a dan Redmi 2 , sebenarnya hampir semua type pasti mengalami restart sendiri. 
Banyak yang beranggapan bahwa Android Xiaomi ini mudah rusak dan tidak awet, mungkin karena gara-gara banyak pengguna yang mengeluh dengan keluhan yang akan dibahas kali ini yaitu restart sendiri.

Penyebab
Penyebab restart sendiri sering di kaitkan langsung dengan kerusakan komponen yang ada didalamnya padahal itu tidaklah benar cek terlebih dahulu karena kesalahan atau bug itu tidak selalu karena kerusakan komponen bisa juga karena system Androidnya ataupun murni kesalahan pengguna yaitu memasang aplikasi yang tidak bersertifikat dan menyebabkan system terinveksi virus.

Penyebab yang pada umumnya sering menyebabkan restart sendiri pada hp Xiaomi antara lain :

1. Versi MIUI sudah usang atau kedaluarsa
2. Virus
3. Komponen yang rusak
1. Solusi Atau Cara Mengatasi (Versi MIUI kedaluarsa)
Menurut Saya penyebab pertama seringnya restart sendiri itu di karenakan versi MIUI yang sudah usang atau sangat kedaluarsa, kenapa Saya bisa bilang seperti itu? karena Saya sendiri pengguna Xiaomi dan pernah mengalami sering restart sendiri terutama pada saat menelpon.

Cara mengatasinya pun sangatlah gampang ,kalian hanya membutuhkan persiapan kuota atau wifi.
Caranya kalian harus mengupdate versi MIUI nya dengan versi yang terbaru.
  • Masuk pada Settings pada HP Xiaomi kalian
  • Klik "About Phone" Untuk yang memakai bahasa Indonesia klik "Tentang Ponsel"
  • Klik "System Update" atau "Pembaruan System"
  • Tunggu beberapa detik dan akan muncul pilihan "Update Now" atau "Perbarui Sekarang" kemudian klik.
  • Selesai
Tunggu sampai proses mengunduh file selesai jika sudah selesai klik reboot now ,system android sedang memproses pembaruan dan selesai.

2. Solusi Atau Cara Mengatasi (Virus)
Penyebab kedua bisa jadi dikarenakan virus, masuknya virus ini kebanyakan kesalahan yang sering dilakukan oleh penggunanya sendiri karena kurang waspada dalam melakukan aktifitas di dalam HP, contohnya seperti ketika kalian mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya, mengunduh aplikasi berbayar menjadi gratis yang di unduh dari situs black market (ilegal), masuk secara paksa pada situs yang di blokir.
Membasmi virus ini bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga tapi dengan aplikasi ini bisa dibilang susah susah gampang karena tidak menghapus secara keseluruhan, ada sebagian kecil data virus yang masih menempel pada penyimpanan meskipun sudah dihapus dengan aplikasi pihak ketiga, cara yang terbaik hanyalah dengan melakukan factory data reset.
Cara mengatasinya, dengan melakukan "Factory data reset" atau "mengembalikan kepengaturan pabrik (Setel ulang)"
  • Masuk pada Settings pada HP Xiaomi kalian
  • Klik "Additional Settings" atau "Setelan Tambahan"
  • Klik "Backup and Reset" atau "Cadangkan dan Setel Ulang"
  • Terakhir klik "Factory data reset" atau "Kembalikan ke setelan pabrik" dan klik setel ulang telepon
Note : Dengan melakukan factory data reset semua poto, musik, video dan data akan terhapus secara otomatis dan permanen, Saya sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini dan jika sudah melakukan solusi yang kedua kalian harus melakukan update versi MIUInya kembali, caranya sama seperti di solusi yang pertama.
Kenapa harus di update versi MIUI?
Setiap peningkatan versi MIUI pasti ada kelebihan dibanding dengan versi sebelumnya, semua bug atau kesalahan data pada versi sebelumnya pastinya sudah diperbaiki.

3. Solusi Atau Cara Mengatasi (Komponen yang rusak)
Pada solusi yang terakhir ini kalian harus mempunyai skill dalam membongkar isi dari hape tersebut, jika tidak bisa jalan terakhirnya yaitu dengan membawa hp xiaomi kalian ke conter terdekat.

Note : Cara ini sering Saya lakukan pada beberapa type xiaomi yang mengalami kendala restart sendiri dan hasilnya bekerja meskipun ada beberapa yang masih sering mengalami kendala restart sendiri dan setelah di cek kembali ternyata bukan kesalahan pada system melainkan pada komponen yang ada didalamnya yaitu batere yang sudah berkarat dikarenakan terkena air.

Baca Juga : Penyebab Smartphone Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya (Semua Versi Smartphone)

0 Response to "Penyebab Dan Solusi HP Android Xiaomi Restart Sendiri (Semua Merek)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel