Penyebab Smartphone Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya (Semua Versi Smartphone)

Smartphone atau bisa juga disebut ponsel pintar, Smartphone atau ponsel pintar ini sudah sangat populer dan terkenal akan kecanggihannya, tidak jarang semua kalangan dimulai dari anak kecil, remaja, sampai orang tua pun ikut merasakan kecanggihan ponsel pintar ini.
Dengan memakai ponsel pintar segala kebutuhan menjadi mudah dimulai dari berinteraksi dengan keluarga yang jauh, mencari informasi di internet, memesan makanan dan kebutuhan lain-lain.
Tips Agar Smartphone Tidak Cepat Panas (Semua Versi Smartphone)
Pixabay
Smartphone atau ponsel pintar pertama dinamakan Simon dirancang oleh IBM pada 1992 dan dipamerkan sebagai produk konsep tahun itu di COMDEX, sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada. Ponsel pintar tersebut dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Tidak hanya menjadi sebuah telepon genggam, ponsel pintar tersebut juga memiliki kalender, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, kemampuan mengirim dan menerima faks dan permainan. Telepon canggih tersebut tidak mempunyai tombol-tombol. Melainkan para pengguna menggunakan layar sentuh untuk memilih nomor telepon dengan jari atau membuat faksimile dan memo dengan tongkat stylus. Teks dimasukkan dengan papan ketik “prediksi” yang unik di layar. Bagi standar masa kini, Simon merupakan produk tingkat rendah, tetapi fitur-fiturnya pada saat itu sangatlah canggih.Wikipedia

Meskipun dinamakan ponsel pintar tapi tidak jarang masalah sering dialaminya, masalah yang sering dialami kebanyakan ponsel yaitu mudah panas, smartphone yang mengalami panas memang hal yang wajar karena mesin yang didalam smartphone bekerja mengolah data semakin lama digunakan ponsel akan semakin panas sampai batas panas yang wajar (Hangat), tapi jika panas yang dirasakan sangat cepat dan dirasa panas yang tidak wajar itu berarti smartphone kalian sedang mengalami beberapa masalah.
Berikut Beberapa Penyebab Smartphone Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya Di Semua Versi Smartphone.

1.Aplikasi
Menurut Saya smartphone tanpa aplikasi bagaikan sayur tanpa garam :D, kenapa? karena smartphone akan bekerja secara sempurna dengan adanya aplikasi. Tidak jarang aplikasi bisa membuat smartphone kalian panas, penyebabnya bisa saja dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang diinstall yang menyebabkan sesaknya kapasitas atau juga dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara diam-diam yang berjalan bersamaan dengan aplikasi berbasis chat.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Penghasil Dollar Dan Pulsa

Note : Maksud aplikasi yang berjalan secara diam-diam adalah aplikasi yang berjalan secara otomatis tanpa sepengetahuan pengguna.

Cara Mengatasi
Hapus beberapa aplikasi yang dirasa tidak penting, dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting smartphone akan menjadi lebih cepat dan tentunya akan mengurangi panas tersebut.
Untuk mematikan aplikasi yang berjalan secara diam-diam kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau bisa kalian matikan di settingan aplikasinya.

2.Baterai Bermasalah
Penyebab kedua yaitu pada baterai, baterai yang rusak bisa saja membuat cepat panas pada smartphone. Karena jika baterai rusak dipakai akan menyebabkan aliran listrik pada baterai kurang sempurna dan menyebabkan tidak sempurnanya kinerja baterai dan mesin smartphone.
Untuk memastikan bahwa baterai smartphone kalian rusak bisa dengan cara di letakan pada lantai dan putar seperti mainan gasing, jika berputar dengan waktu yang lama itu berarti rusak (Kembung)

Cara Mengatasi
Mengatasi baterai kembung, copot baterai dan bungkus pakai plastik kemudian masukan pada mesin pendingin kulkas tunggu sampai sekitar tiga jam, jika masih kembung langkah terakhir pergi ke konter terdekat dan jangan lupa siapkan uang.

3.Virus
Virus pada smartphone adalah hal yang sangat ditakuti oleh kebanyakan pengguna, karena dengan virus smartphone kalian akan menjadi gampang rusak.
Terkadang dengan virus smartphone kalian akan mengalami hal yang aneh misalnya seperti aplikasi pada smartphone mendadak tidak bisa dibuka (error), data-data hilang, dan banyaknya iklan yang muncul secara tiba-tiba.
Virus pada smartphone ini akan secara diam-diam mendownload aplikasi dan menjalankan aplikasi secara diam-diam yang mengakibatkan smartphone gampang rusak dan cepat panas karena terlalu dipaksakan bekerja secara terus menerus oleh virus.

Cara Mengatasi
Menghilangkan virus sampai ke akar pada smartphone memang bisa dibilang susah susah gampang karena pada umumnya aplikasi pihak ketiga hanya menghilangkan sebagian virus saja tidak sampai ke akar.
Cara terbaik menghilangkan virus adalah dengan flashing pada smartphone.

Note : Flashing bisa dibilang metode mengganti firmware pada smartphone atau istilah gampangnya disebut mengganti nyawa smartphone dengan yang baru.

4.Sinyal Tidak Stabil
Yang ke empat adalah sinyal, sinyal yang tidak stabil selain membuat boros baterai ternyata sinyal juga membuat smartphone kalian cepat panas, Kalian yang sedang berlibur ke tempat terpencil bisa saja mengalami hal seperti ini.
Karena sinyal yang tidak stabil akan secara otomatis menstabilkan sinyal terus menerus sampai mendapatkan sinyal yang dirasa stabil, hal inilah yang bisa menyebabkan smartphone kalian cepat panas.

Cara Mengatasi
Mengatasi sinyal yang kurang stabil sangatlah gampang kalian hanya perlu mengganti jaringan dari 4G atau 3G menjadi 2G.
Karena sinyal 2G adalah sinyal yang cocok jika kalian berada di area yang minim jaringan, mengganti  jaringan pada 2G memang bisa menyebabkan lelet internetan tapi dengan memakai cara ini selain meredakan panas pada smartphone ternyata bisa membuat irit kuota dan irit baterai.

5.Casing Smartphone
Casing pada smartphone bisa jadi penyebab cepat panasnya smartphone, ada banyak smartphone yang memakai bahan full metal pada casing ada juga yang memakai bahan plastik.
Biasanya smartphone yang casingnya berbahan full metal cenderung akan mudah panas tapi ada kelebihannya yaitu cepat meredakan panas.
Untuk yang memakai casing berbahan plastik biasanya akan sedikit lama panas dibanding yang berbahan full metal tapi casing berbahan plastik ini akan lebih lama dalam meredakan panasnya.

Cara Mengatasi
Buka casing bagian belakang (penutup baterai) dengan cara ini terbukti bisa meredakan panas dalam waktu yang singkat.
Karena dengan melepaskan casing penutup baterai udara akan mudah masuk berbeda dengan ditutup menyebabkan kurangnya asupan udara.

6.Cuaca Panas
Selain membuat gerah, panas ini juga bisa membuat panas pada smartphone kalian.
Logikanya jika kalian sedang berjalan dibawah terik matahari pasti akan cepat merasakan panas begitu juga pada smartphone.

Cara Mengatasi
Hampir sama pada nomor lima, kalian hanya membuka casing pada bagian belakang smartphone dengan begitu smartphone kalian tidak akan terlalu panas saat digunakan pada cuaca yang sangat panas.

7.Spesifikasi Smartphone
Spesifikasi smartphone bisa juga dikategorikan pada penyebab cepat panasnya smartphone, Smartphone yang sering mengalami cepat panas yaitu smartphone yang memiliki spesifikasi yang minim dan kalian malah memasang aplikasi dalam jumlah yang banyak, tentu saja ini akan membuat smartphone kalian cepat panas karena dipasang aplikasi berlebih sedangkan RAM smartphone kalian berkapasitas kecil.

Cara Mengatasi
Dengan spesifikasi minim tidak banyak cara mengatasinya kalian hanya bisa membatasi penggunaan pada smartphone, kalian bisa coba memakai cara yang ada pada nomor satu "Aplikasi" atau kalian juga bisa membeli smartphone baru.

8.Sampah/Junk
Penyebab yang terakhir adalah sampah, sampah ini berasal dari aplikasi-aplikasi yang di copot atau uninstall secara tidak menyeluruh akibatnya sebagian data-data aplikasi tidak terhapus dan menempel di folder-folder tersembunyi.

Cara Mengatasi
Kalian bisa memakai aplikasi pihak ketiga tapi aplikasi pihak ketiga biasanya kurang maksimal tapi menurut Saya memakai aplikasi pihak ketiga sudah cukup atau jika kalian ingin menghapus sampah-sampah sampai ke akar bisa melakukan "Mengembalikan Ke Setelan Pabrik"

Note : Mengembalikan ke setelan pabrik akan membuat aplikasi dan data-data yang sudah di install menghilang jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Setelah mengikuti cara diatas dan smartphone kalian masih mengalami cepat panas itu berarti smartphone kalian mengalami kerusakan pada komponen hardwarenya dan hal ini harus segera diperbaiki, karena takutnya menjalar ke komponen-komponen yang lainnya.
Demikian tentang 8 Penyebab Smartphone Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya (Semua Versi Smartphone)
Jika berkenan kalian bisa share artikel ini ke teman-teman yang sedang mencari solusi pada smartphonenya yang cepat panas, Semoga membantu...

Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Data Terbukti Ampuh

0 Response to "Penyebab Smartphone Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya (Semua Versi Smartphone)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel